PENINGKATAN SOFT SKILL MENGAJAR SDM MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 57 KOTA BENGKULU

Authors

  • Ardi Wijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yovi Apridiansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ari Purjiawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Pindo Putra Pratama Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Darsah Wendanado Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muhammad Miatsyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Angtyas Candra Pratama Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i1.336

Abstract

SD negeri 57 kota Bengkulu dengan Nomor Pokok Nasional(NPSN) 10702613 beralamat di jalan enggano, Kelurahan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu. SD Negeri 57 Kota Bengkulu terletak di pusat kota. tidak jauh dari Smp Negeri 7 Kota Dalam teknik pengajaran daring selama pandemi salah satu cara yang dapat di gunakan untuk proses pembelajaran secara daring adalah dengan menggunakan google classroom dan zoom, pemanfaatan google classroom dan zoom dapat melalui multifrome yakni dapat melalui komputer dan dapat melalui handphone melalui aplikasi google Clasroom diasumsikan bahwa tujuan pembelajarm akan lebih mudah. Penggunaan google Clasroom ini sesungguhnya mempermudah guru dalam mengelola pembelajaram dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat guru dapat memanfaatkan berbagai fitur yang terdapaat pada classroom. Bahwa pembelajaran daring merupakan satu-satunya metode yang dapat diterapkan pada kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, guru dapat mengevaluasi siswa melalui penugasan untuk mengetahui sampai mana tingkat pemahaman siswa dalam menerima materi yang disampaikan secara online.

References

(Dewi, 2020)Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2250

(Wong, 2020)Wong, R. (2020). When no one can go to school: does online learning meet students’ basic learning needs? Interactive Learning Environments, 3, 1–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1789672

(Mubarak et al., 2020)Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiani, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445

(Wicaksono & Rachmadyanti, 2016)Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521. http://hdl.handle.net/11617/9144

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Wijaya, A., Apridiansyah, Y., Purjiawan, A., Pratama, P. P., Wendanado, D., Miatsyah, M., & Pratama, A. C. (2021). PENINGKATAN SOFT SKILL MENGAJAR SDM MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 57 KOTA BENGKULU. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i1.336

Issue

Section

Articles