PEMBELAJARAN DARING SD 45 KOTA BENGKULU BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT)

Authors

  • Yovi Apridiansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ardi Wijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Daffa Putra Sadhevi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Indra Setiawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Wisnu Gusti Gusti Gusti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yogi Bakti Husada Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Julfi Siswanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i1.337

Abstract

Dalam era teknologi dan informasi ini, pemanfaatan kecanggihan teknologi untuk kepentingan pembelajaran sudah bukan merupakan hal yang baru lagi. Salah satu media pembelajaran baru yang akhir-akhir ini semakin menggeserkan peranan guru hidup adalah teknologi. Dengan teknologi ini, kita bisa belajar apa saja, kapan saja dan di mana saja. di Indonesia, meskipun teknologi ini belum digunakan secara luas namun cepat atau lambat teknologi ini akan diserap juga ke dalam sistem pembelajaran di sekolah. SDN 45 Kota Bengkulu masih memiliki kekurangan yaitu kurang pemahaman guru-guru terhadap dunia IT terkhusunya Pendaftaraan Siswa/I secara online. Kepercayaan diri guru kurang dalam menggunakan TIK dalam melaksanakan proses PBM. Guru takut gagal mengajar melalui penggunaan TIK yang saat ini sangat disarankan. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan pengabdian masyarakat di SDN 45 Kota Bengkulu. Penulis mengajarkan Google Classroom untuk mempermudah para guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Metode  pelaksanaan yg dilakukan yaitu dengan cara presentasi dan diskusi. Hasil yang di dapat jika guru menguasai Google Classroom diantaranya guru dapat membuat kelas, memberikan tugas, dan melakukan penilaian tanpa menggunakan kertas. Guru bisa menambahkan materi dari YouTube, survei Google Forms, dan dokumen lain yang ada di Google Drive, serta melakukan sesi tanya jawab dengan murid. Kata Kunci: Guru, Proses Belajar Mengajar, Google Classroom.

Author Biography

Yovi Apridiansyah, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

SINTA ID : 6034455Scholar ID

References

Hafid, H. Abd. 2011. “Sumber Dan Media Pembelajaran.†Jurnal Sulesana 6(2):69–78.

Khulsum, Umi, Yusak Hudiyono, and Endang Dwi Sulistyowati. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard.†Diglosia 1(1):1–12.

Megahantara, G.S. 2017. “Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di abad 21â€. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Meilan Arsanti, 2018. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo. Vol. 1 No. 2 April 2018, ISSN 2599-316X

Nur Rohim Yunus, Annissa Rezki. 2020. Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol. 7 No. 3 (2020), pp.227-238, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i3.15083

S. A, Hapsari, Heri Pamungkas . 2019. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Print ISSN:1412-7873; Online ISSN: 2598-7402 WACANA, Volume 18 No. 2, Desember 2019, hlm. 225 – 233

WHO. Novel Corona virus (2019-nCoV) Situation Report-1. Januari 21, 2020.

Yusuf Aditya, Dedy. 2016. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.†doi: 10.30998/sap.v1i2.1023.

Downloads

Published

2021-04-04

How to Cite

Apridiansyah, Y., Wijaya, A., Sadhevi, D. P., Setiawan, I., Gusti, W. G. G., Husada, Y. B., & Siswanto, J. (2021). PEMBELAJARAN DARING SD 45 KOTA BENGKULU BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT). JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 15–22. https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i1.337

Issue

Section

Articles