Pemanfaatan E-Commerce untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Dagang Kopi Api Te Sako, Rejang Lebong, Bengkulu

Authors

  • Pahrizal pahrizal Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dwita Deslianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anisya Sonita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i1.397

Abstract

Perkembangan teknologi, komunikasi dan komputer mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat yang mengembangkan bisnis secara online.Perkembangan perangkat komunikasi yang membuat setiap orang yang memiliki smartphone terhubung dengan media internet membuat semakin mudah calon pembeli untuk mencari barang yang diinginkan melalui perangkat komunikasi mereka.Sehingga bisnis online ini merupakan sebuah peluang yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan e-commerce terhadap penjualan produk kopi tersebut. Pada penerapan e-commerce terhadap produk kopi ini maka perlu diberikan wawasan pada pelaku usaha untuk mempertahankan kualitas produk karena berhubungan terhadap kepercayaan pembeli, memberikan informasi lengkap dan cepat, keterbukaan terhadap informasi dari pelanggan dan adanya kupon dan diskon bagi pelanggan tetapnya Transparansi informasi pengiriman produk, trace keberadaan barang yang dikirimkan dan kerjasama yang baik antara penjual dan pembeli harus terjaga dengan baik. Kewaspadaan terhadap penipuan secara online juga merupakan informasi yang perlu diberikan pada pelaku usaha pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini. Sehingga diakhir pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini UD Kopi Api te Sako memahami peluang usaha secara online, dapat bersaing dengan sehat, mendapat kepercayaan dari pelanggannya. E-Commerce untuk Optimalisasi Pemasaran Produk di Era Digital Bagi Usaha Dagang Kopi Api te Sako, Curup, Rejang Lebong telah selesai dilakukan. Beberapa indikator capaian program pengabdian telah diperoleh, mulai dari pembuatan dan penggunaan kemasan produk, pembuatan akun media sosial dan interface                  e-commerce. Proses pemasaran produk berjalan cukup baik yang ditunjukkan dengan adanya penambahan jumlah pengunjung pada akun media sosial setelah 2 bulan Pemasaran terus dilakukan  dengan memanfatkan media-media sosial lainnya. Kata kunci: kopi, Api te Sako, pemasaran, e-commerce

References

A Adiya, R Agus Triono, J Kusanti. 2015. “Pembuatan Website E-Commerce Pada Toko Mainan dan Figure Hazashop Semarangâ€. Jurnal EPUB (Electronic Publication), Semarang.

Cristianto & Riki. 2018, Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada Koperasi Karyawan Pt Giken Precision Indonesia , JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen): Vol 6 No 2 (2018): Jursima Vol. 6 No. 2, Desember 2018.

Irmawati Dewi. 2011. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnisâ€.

Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Nasution, Prayogi, Mirsya, & Nasution, 2017. “Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan†Jurnal Riset Sains Manajemen Volume 1, Nomor 1, 2017.

Downloads

Published

2021-07-20

How to Cite

pahrizal, P., Deslianti, D., & Sonita, A. (2021). Pemanfaatan E-Commerce untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Dagang Kopi Api Te Sako, Rejang Lebong, Bengkulu. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 40–43. https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i1.397

Issue

Section

Articles