MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM MELALUI PENGUATAN TATA KELOLA KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA MASA COVID-19 PADA TOKO AGIB RAWAMAKMUR
DOI:
https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i1.435Abstract
Abstrak: Permasalahan umum yang dihadapi Toko Agib pada masa Pandemi Covid-19 yaitu menurunnya omset penjualan. Hal ini dikarenakan lemahnya manajemen pemasaraannya. Pada saat pandemi, pembeli takut untuk datang langsung ke toko dan lebih memilih untuk membeli produk lewat secara online. Pemilik toko belum menguasai dan bahkan tidak paham mengenai pengaplikasian digital. Masalah lain yang dihadapi oleh pemilik Toko Agib adalah tidak memiliki pengetahuan mengenai pembukuan akuntansi, pemilik toko menyatakan tidak mengerti mengenai cara pembukuan akuntansi, ada beberapa biaya yang tidak pernah diperhitungkan oleh pemilik toko, salah satunya adalah biaya listrik. Metode pelaksanaan yang dipilih oleh tim pengabdi yaitu pendampingan dan pelatihan, untuk menambah wawasan dan menumbuhkan semangat jiwa Umkm pelaku, Menambah pengetahuan peserta pelatihan tentang bagaimana pemubukuan akuntansi, dan sekaligus pengaplikasian pemasaran digital, mengetahui cara pembuatan pembukuan sederhana koperasi yang benar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku secara umum. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pemilik Toko Agib untuk dapat membuat pembukuan berdasarkan konsep dasar akuntansi yang sudah diberikan, Serta dari kegiatan pelatihan ini diharapkan bahwa pelaku menjadi terampil dan memahami bagaimana sistem kerja pengaplikasian digital dalam pemsaran.ÂReferences
Ai Rika Rachmawati ,20 Mei 2020, 18:46 Wib 96 Persen Umkm Terdampak Pandemi Covid-19, Eri: Segera Keluar Dari Zona Nyaman. Https://Www.Pikiran-Rakyat.Com/Ekonomi/Pr-01386122/96-Persen-Umkm-Terdampak-Pandemi-Covid-19-Eri-Segera-Keluar-Dari-Zona-Nyaman
Diakses 19 Juli 2020
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N.. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87-95. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijssh/article/view/106
Grady, Paul 2000. Teori Akuntansi, Edisi kedua, Erlangga, Jakarta
Wilopo .2005.Dasar-dasar Akuntansi 1 Edisi : Ikatan Akuntansi Indonesia Jakarta
Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. . Jurnal Sistem Informasi (JSI), , Vol. 2., No. 1, 159-168.
Samsiana , S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., Raharja, I., Khasanah , F. N., Herlawati, H., Maimunah, M., & Benrahman, B. (2020). Optimasi Penggunaan Android Sebagai Peluang Usaha Di Masa Pandemik COVID’19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 137 - 148. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.205
Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Strategi Bisnis UKM Bertahan Hadapi Krisis Imbas Pandemi COVID-19, Media Digital - Bisnis.com https://jakarta.bisnis.com/read/20200329/384/1219385/strategi-bisnis-ukm-bertahan-hadapi-krisis-imbas-pandemi-covid-19
Dikases 19 Juli 2020
Suharmi, Ummul Khair dan Diah Khairiyah (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Peningkatan Kapabilitas Pengurus Koperasi Melalui Pelatihan Administrasi Keuangan Di Koperasi Aisyiyah Pda Se Wilayah Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3 (3), 453-460. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir/article/view/1125