Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Dan Goggle Meet Dalam Pembelajaran Era Pandemi Covid-19

Authors

  • M Iqbal Mustofa Universitas Nurul Huda
  • Dwi Dwi Andriani Universitas Nurul Huda
  • Siti Anisatur Rofiqah Universitas Nurul Huda
  • Effendi Effendi Effendi Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i1.438

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para guru bahwa teknologi itu dapat membantu meningkatkan peran pembelajaran dan bahkan bersifat gratis seperti contohnya google classroom dan google meet. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan pendampingan langsung peserta pelatihan belajar dengan sistem projek. Pelaksanaan di SD Negeri 1 kecamatan simpang kabupaten OKU Selatan Sumeatera Selatan. Peserta pelatihan berjumlah 30 peserta yang diadakan satu hari penuh pada tanggal 14 februari 2022. Hasil dari pengabdian ini terlihat peningkatan peserta dalam melaksakan intruksi perintah, ini terlihat dari 30 peserta yang hadir ada ada 27 peserta yang sudah bisa membuat pertemuan virtual dengan google meet namun belum mampu menunjukan dua tugas indikator evaluasi lainnya. 25 orang mampu membuat kelas dan membuat formulir sederhana dengan memanfaatkan google formulir dan 19 orang dapat secara kesuluruhan mencapai indikator evaluasi yang di tentukan. Maka kegiatan ini dapat dikategorika sukses karena capaian keberhasilan lebih dari 50% jumlah peserta mampu membuat tugas-tugas yang diberikan.

Author Biographies

M Iqbal Mustofa, Universitas Nurul Huda

Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Nurul Huda

Dwi Dwi Andriani, Universitas Nurul Huda

Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nurul Huda

Siti Anisatur Rofiqah, Universitas Nurul Huda

Pendidikan Fisika Universitas Nurul Huda

Effendi Effendi Effendi, Universitas Nurul Huda

Pendidikan Fisika Universitas Nurul Huda

References

Adhani, Aidil. 2020. “JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo) Volume 4 Nomor 2 Desember 2020 (P-Issn: 2615-4323) (Halaman 123-127) Edukasi Model Pembelajaran Blended Learning Bagi Guru Sma Sebagai Salah Satu Solusi Pembelajaran Efektif Di Era New Normal Education Of Blended Learning Models For High School Teachers As An Effective Learning Solution In The New Normal Era.†Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia 11(1).

Astuti, Nia, and Wirdatul Isnani. 2021. “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring Di Era New Normal Pada Guru Sma Negeri 2 Dewantara.†5(2):721–33.

Chusyairi, Ahmad, Didik Setiyadi, and Rully Pramudita. n.d. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Google Classrom Di SMAN 15 Kota Bekasi.

Dewi, Kusuma, Tuisda Pratisia, and Alfyananda Kurnia Putra. 2021. “Implementasi Pemanfaatan Google Classroom, Google Meet, Dan Instagram Dalam Proses Pembelajaran Online Menuju Abad 21.†Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 1(5):533–41. doi: 10.17977/um063v1i5p533-541.

Iftakhar, Shampa. 2016. “Google Classroom: What Works And How?†Journal of Education and Social Sciences 3.

Jayul, Achmad, Edi Irwanto, Prodi Pendidikan, Jasmani Kesehatan, and Dan Rekreasi. 2020. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2). doi: 10.5281/zenodo.3892262.

Ketenagakerjaan, Laporan. 2017. Memanfaatkan Teknologi Untuk Pertumbuhan Dan Penciptaan Lapangan Kerja International Labour Organization.

Maharani, Nia, and Ketut Sepdyana Kartini. 2019. “Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.†PENDIPA Journal of Science Education 3(3):167–73. doi: 10.33369/pendipa.3.3.167-173.

Misesani, Dian. 2021. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online.†5(4). doi: 10.31764/jmm.v5i4.4860.

Nalurita, Sari. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 Di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Vol. 10.

Okmawati, Mike, SMA Negeri, Solok Selatan, Durian Tanjak, Kec Sangir, and Kab Solok Selatan. 2020. “THE USE OF GOOGLE CLASSROOM DURING PANDEMIC.†Journal of English Language 9(2).

Pritasari, Ade Cyntia, and Jumadi Jumadi. 2018. “Development of Science Learning Tool Based on Problem Based Learning with Google Classroom to Improve Argumentation Skill.†Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education 10(2):348–55. doi: 10.15294/biosaintifika.v10i2.14320.

Setyorini, Ari, and Masulah Masulah. 2020. “Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo Dalam Menulis Kreatif Cerita Anak.†Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):131. doi: 10.30651/aks.v4i1.3664.

Yustanti, Ike, and Dian Novita. 2019. Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization Of E-Learning For Educators In Digital Era 4.0.

Zedha Hammi. 2017. Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Semarang.

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Mustofa, M. I., Andriani, D. D., Rofiqah, S. A., & Effendi, E. E. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Dan Goggle Meet Dalam Pembelajaran Era Pandemi Covid-19. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 2(1), 31–37. https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i1.438

Issue

Section

Articles