Pengembangan Stambuk pada SD Negeri 07 Kota Bengkulu

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ige Eftriany Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lestri Yanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Handayani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Surya Ade Saputera Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i2.455

Abstract

Sekolah Dasar (SD) Negeri 07 merupakan salah satu sekolah yang berada di Kota Bengkulu. Sebagai salah satu lembaga pendidikan berbentuk sekolah, SD Negeri 07 Kota Bengkulu tentunya memiliki stambuk (buku induk) yang berisikan data-data peserta didiknya setiap tahun. Stambuk milik SD Negeri 07 Kota Bengkulu tersimpan dalam bentuk file excel yang tersimpan di dalam laptop sekolah. Namun saat ini data yang tersimpan di dalam softcopy tersebut ternyata belum diupdate dan masih memuat data peserta didik yang lama. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut kami melakukan pengembangan terhadap stambuk SD Negeri 07 Kota Bengkulu agar data yang tersimpan dalam stambuk merupakan yang paling update yang memuat data-data peserta didik hingga tahun ajaran sekarang. Metode kegiatan yang digunakan adalah action research dengan tahapannya adalah diagnosis, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi tindakan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara mengumpulkan buku rapor dari setiap siswa yang dilakukan oleh masing-masing wali kelas. Kemudian dari buku rapor tersebut, kami mengambil data-data yang terbaru untuk dimasukkan ke dalam stambuk.

References

Hasan. (2009). Action Research : Desain Penelitian Integratif untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(8), 177-188.

Idi, A. (2016). Sosiologi Pendidikan : Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. (Safarina, Ed.) Jakarta: Rajawali Pers.

Kebudayaan, K. P. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyaningtias, L. K. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII C MTS NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Sa’diyah, K. (2018). MANAJEMEN KESISWAAN DI MADRASAH ALIYAH HASANUDDIN KUPANG TEBA TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyatmi, S. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SD Gugus Asmorodono Kecamatan Jebres Kota Surakarta (Studi Multi Situs di SD Negeri Sibela Timur dan SDIT Lukman Hakim). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wa, R. (2012). Perhatian Orang Tua pada Pendidikan Anak di Sekolah Dasar (Kasus Tingginya Angka Putus Sekolah di SD Negeri Supulessy Desa Supulessy Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

WAHYONO, P. T. (2021). PENGEMBANGAN ALAT BANTU LATIHAN SMASH BOLA VOLI. Pacitan: STKIP PGRI PACITAN.

WIDIYAWATI, N. (2021). PREDIKSI SISWA SD NEGERI MOJOSARI MANTUP LAMONGAN BERDASARKAN HASIL LOLOS SELEKSI DI SMP NEGERI MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Hidayat, R., Eftriany, I., Yanti, L., Handayani, S., & Saputera, S. A. (2023). Pengembangan Stambuk pada SD Negeri 07 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 2(2), 41–48. https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i2.455

Issue

Section

Articles