SOSIALISASI BAHAYA PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i2.477

Abstract

Pada era digital saat ini, perkembangan anak-anak menggunakan teknologi digital sangat berpengaruh besar. Terutama pada penggunaan internet pada anak-anak usia dini dan sekolah dasar, kebijakan dan peran orang tua dalam penggunaan teknologi sehari-hari sangat berdampak pada anak-anak, dengan peran tersebut seharusnya menjadi peluang bagi orang tua untuk memberitahukan kepada anak-anak akan hal manfaat internet positif agar membentuk karakter anak yang baik. Pada penggunaan gadget juga sangat mempengaruhi perkembangan siswa dalam hal berinteraksi secara sosial. Hal ini disebabkan oleh durasi penggunaan gadget pada anak tergolong sangat terlalu lama, dengan durasi yang sangat panjang dalam penggunaan gadget setiap harinya, maka akan menyebabkan perkembangan pribadi anak yang antisosial. Berdasarkan permasalahan yang diangkat diatas yaitu tentang bahayanya menggunakan gadget terhadap anak maka berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebelum dan sesudah dari solusi yang diberikan kepada objek pengabdian yaitu SD Negeri 50 Kota Bengkulu maka dapat disimpulkan bahwa dampak dari likakukannya sosialiasi ini sangatlah bagus, dengan melihat hasil observasi setelah dilakukan sosialisasi yaitu anak-anak disekitar sekolah yang bersekolah pada SD Negeri 50 Kota Bengkulu, sudah banyak yang bermain dan juga melakukan aktifitas diluar rumah pada saat selesai jam sekolah berlangsung. Juga anak-anak melakukan kegiatan yang sangat positif yaitu dengan banyak melakukan kegiatan ibadah dimasjid dengan mengaji dan shalat secara berjamaah Kata Kunci: SD, Gadget, Dampak, Positif

Author Biography

Erwin Dwika Putra, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Scopus ID: 57193485236

References

Budiwati, R., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah WahanaPendidikan, 8(13), 394–402. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6962646

Handayani, L., Kusuma, M., Kesehatan Pengasuhan Anak dan Kebutuhan dan Bahaya, E., Sekar Wijaya, C., & Kusuma Dewi, M. (2020). EDUKASI POLA ASUH DAN BAHAYA PENGGUNAAN GADGET. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBB (Vol. 7, Issue 1).

Rakhmawati, D., & Wahyu Lestari, F. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget Socialization the Harmful Effects of Gadgets Addiction. Journal of Community Services, 1(3).

Roza, E., Kamayani, M., & Gunawan, P. (2018). Pelatihan Memantau Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal SOLMA, 7(2), 208. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1062

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 527–533.

Yana, M. (2021). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS DI TK ELEKRINA KERTAPATI PALEMBANG). PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 78. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Putra, E. D., & Utami, M. (2023). SOSIALISASI BAHAYA PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK SEKOLAH DASAR. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 2(2), 64–68. https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i2.477

Issue

Section

Articles