SOSIALISASI BAHAYA PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i2.477Abstract
Pada era digital saat ini, perkembangan anak-anak menggunakan teknologi digital sangat berpengaruh besar. Terutama pada penggunaan internet pada anak-anak usia dini dan sekolah dasar, kebijakan dan peran orang tua dalam penggunaan teknologi sehari-hari sangat berdampak pada anak-anak, dengan peran tersebut seharusnya menjadi peluang bagi orang tua untuk memberitahukan kepada anak-anak akan hal manfaat internet positif agar membentuk karakter anak yang baik. Pada penggunaan gadget juga sangat mempengaruhi perkembangan siswa dalam hal berinteraksi secara sosial. Hal ini disebabkan oleh durasi penggunaan gadget pada anak tergolong sangat terlalu lama, dengan durasi yang sangat panjang dalam penggunaan gadget setiap harinya, maka akan menyebabkan perkembangan pribadi anak yang antisosial. Berdasarkan permasalahan yang diangkat diatas yaitu tentang bahayanya menggunakan gadget terhadap anak maka berdasarkan hasil observasi yang dilakukan sebelum dan sesudah dari solusi yang diberikan kepada objek pengabdian yaitu SD Negeri 50 Kota Bengkulu maka dapat disimpulkan bahwa dampak dari likakukannya sosialiasi ini sangatlah bagus, dengan melihat hasil observasi setelah dilakukan sosialisasi yaitu anak-anak disekitar sekolah yang bersekolah pada SD Negeri 50 Kota Bengkulu, sudah banyak yang bermain dan juga melakukan aktifitas diluar rumah pada saat selesai jam sekolah berlangsung. Juga anak-anak melakukan kegiatan yang sangat positif yaitu dengan banyak melakukan kegiatan ibadah dimasjid dengan mengaji dan shalat secara berjamaah Kata Kunci: SD, Gadget, Dampak, PositifReferences
Budiwati, R., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah WahanaPendidikan, 8(13), 394–402. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6962646
Handayani, L., Kusuma, M., Kesehatan Pengasuhan Anak dan Kebutuhan dan Bahaya, E., Sekar Wijaya, C., & Kusuma Dewi, M. (2020). EDUKASI POLA ASUH DAN BAHAYA PENGGUNAAN GADGET. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBB (Vol. 7, Issue 1).
Rakhmawati, D., & Wahyu Lestari, F. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget Socialization the Harmful Effects of Gadgets Addiction. Journal of Community Services, 1(3).
Roza, E., Kamayani, M., & Gunawan, P. (2018). Pelatihan Memantau Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal SOLMA, 7(2), 208. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1062
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 527–533.
Yana, M. (2021). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS DI TK ELEKRINA KERTAPATI PALEMBANG). PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 78. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840