Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran yang Informatif dan Kreatif Menggunakan PowerPoint Bagi Guru SDN Wiradadi
DOI:
https://doi.org/10.54650/jpmtt.v2i2.479Abstract
Membuat media pembelajaran yang interaktif  dan informatif dengan program Powerpoint bagi guru-guru SDN Wiradadi Kabupaten Banyumas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, agar guru-guru mendapat tambahan wawasan ilmu pengetahuan tentang pembuatan media pembelajaran multimedia yang interaktif dan atraktif menggunakan powerpoint . Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi mengenai pengantar materi tentang multimedia animasi dengan powerpoint sebagai media pembelajaran. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan media pembelajaran dengan animasi program powerpoint. Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi. Pelaksanaan PKM diawali dengan penyampaian materi tentang powerpoint dan pemanfaatan fasilitas pada program tersebut untuk membuat animasi. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan media pembelajaran dengan penerapan animasi menggunakan program powerpoint. Hasil kegiatan PKM ini berupa media powerpoint yang mengaplikasikan animasiReferences
Bataona, D. S., Munir, R., Juhana, T., Manulangga, G. C., & Sine, J. (2018). A Novel Approach to Make Presentation Using PowerPoint Without Projector in Local Area Network. International Conference on Ubiquitous and Future Networks, ICUFN, 2018-July, 469–474. https://doi.org/10.1109/ICUFN.2018.8436832
Fathoni, M. Y., Darmansah, D., Wijayanto, S., & Aldo, D. (2022). Pengenalan E-Commerce Pada Pokdarwis Desa Cikakak Dalam Hal Upaya Pengembangan UMKM. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v2i2.610
Fathoni, M. Y., Nisa, R., Amriza, S., Wijayanto, S., & Januarita, D. (2022). Pengembangan Kompetensi Bahan Ajar Pada Sekolah Dasar Negeri Panembangan Cilongok Menggunakan Prezi, 2(1), 7–13.
Gunawan, F. E., Soewito, B., & Sekishita, N. (2019). Students’ Fixation on Tables in PowerPoint Slides. TALE 2019 - 2019 IEEE International Conference on Engineering, Technology and Education, 2. https://doi.org/10.1109/TALE48000.2019.9225882
Xu, C., Jia, W., Wang, R., He, X., Zhao, B., & Zhang, Y. (2022). Semantic Navigation of PowerPoint-Based Lecture Video for AutoNote Generation. IEEE Transactions on Learning Technologies, 18(9), 1–17. https://doi.org/10.1109/tlt.2022.3216535
Yang, W., Li, Q., & Wang, X. (2021). The Effect of PowerPoint Theme Color on Learners’ Learning Effectiveness and Emotions. Proceedings of the 2021 IEEE 24th International Conference on Computer Supported Cooperative Work in Design, CSCWD 2021, 510–512. https://doi.org/10.1109/CSCWD49262.2021.9437633
Zhang, H. R., Huang, L. S., Ye, Y., & Meng, P. (2010). A new steganography method via combination in PowerPoint files. ICCASM 2010 - 2010 International Conference on Computer Application and System Modeling, Proceedings, 2(Iccasm), 62–66. https://doi.org/10.1109/ICCASM.2010.5620056
Prabowo, D. A., Fathoni, M. Y., Toyib, R., & Sunardi, D. (2022). SOSIALISASI APLIKASI MERDEKA MENGAJAR DAN PENGISIAN KONTEN PEMBELAJARAN PADA SMKN 3 SELUMA UNTUK MENDUKUNG PROGRAM SMK-PK TAHUN 2021. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(2), 55-60.
Witriyono, H., Wibowo, S., Prabowo, D., Darnita, Y., & Darmi, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru dengan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Literasi Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat TEKNO, 3(1), 08-13.