MEMANFAATKAN POTENSI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN SISWA/SISWI DI SMA N 1 LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.54650/jpmtt.v3i1.505Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran telah menjadi fenomena yang signifikan dalam dunia pendidikan saat ini. Oleh karena itu, jurnal ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran oleh siswa/siswi di SMA N 1 Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa/siswi di SMAN 1 Lebong telah memanfaatkan potensi teknologi informasi dalam pembelajaran melalui penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, serta pemanfaatan internet dan media sosial sebagai sumber belajar. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran telah membawa manfaat, seperti peningkatan akses ke informasi, kreativitas siswa/siswi, serta interaksi dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Namun, terdapat pula tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur dan kualitas akses internet, serta kendala pengelolaan teknologi informasi. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan upaya yang perlu dilakukan untuk memperkuat pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran oleh siswa/siswi di SMA N 1 Lebong, termasuk peningkatan infrastruktur teknologi informasi, pelatihan bagi siswa/siswi dalam penggunaan teknologi informasi secara efektif, serta pengembangan kebijakan yang berfokus pada pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran di SMA. Kata kunci: Potensi, Teknologi Informasi, Pembelajaran, Siswa/Siswi, SMA N 1 Lebong.References
Fakultas Teknik 2023. Buku Pedoman Praktik Kerja Lapangan Universitas Muhammadiayah Bengkulu
Downloads
Published
2023-04-29
How to Cite
Putra, E. D., Deslianti, D., Saputera, A. R., Zantohar, M. R. V., & Susanto, P. (2023). MEMANFAATKAN POTENSI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN SISWA/SISWI DI SMA N 1 LEBONG. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 3(1), 19–27. https://doi.org/10.54650/jpmtt.v3i1.505
Issue
Section
Articles