Perancangan Sistem Informasi Penilaian Akademik Pada SDN 02 Pagi Jakarta Barat Berbasis Web

Authors

  • Harry Ramadhan Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.54650/jukomika.v3i2.138

Abstract

Pada era saat ini penggunaan teknologi informasi sudah berkembang pesat di segala bidang. Proses ini mengubah sistem yang semula masih manual menjadi terkomputerisasi. SDN 02 Pagi Jakarta Barat adalah sebuah instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan. Dalam penulisan penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang bagaimana proses penilaian pada SDN 02 Pagi Jakarta Barat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pencarian data membutuhkan waktu yang lama, fasilitas penyimpanan data kurang memadai, sehingga data yang tersimpan kurang rapih, proses pencatatan data masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga mengakibatkan data mudah hilang, rusak atau terkena virus dan proses dalam pembuatan rekapitulasi nilai maupun absensi menjadi terhambat, sehingga informasi yang dihasilkan kurang akurat dan cepat. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Untuk menyusun Proposal Tugas Akhir ini penulis mengambil judul â€Perancangan Sistem Informasi Penilaian Akademik Pada SDN 02 Pagi Jakarta Barat Berbasis Webâ€. Pada penulisan ini, metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode observasi, wawancara dan studi pustaka, untuk metode yang digunakan dalam analisis adalah metode PIECES, dan metode pengembangan sistem informasi ini yaitu menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian ini adalah rancangan penilaian akademik berbasis web yang dapat digunakan oleh admin, guru, dan kepala sekolah yang nantinya akan digunakan untuk memasukan nilai siswa/i ke dalam database.Kata kunci— Berbasis Web, Pieces, Penilaian Akademik, SDN 02, Siswa, Waterfall.

Downloads

Published

2021-01-22

How to Cite

Ramadhan, H. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penilaian Akademik Pada SDN 02 Pagi Jakarta Barat Berbasis Web. JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 3(2), 339–353. https://doi.org/10.54650/jukomika.v3i2.138

Issue

Section

Articles