APLIKASI GAME FAR FROM REALITY ENDLESS RUNNER BERBASIS ANDROID

Authors

  • Bagas Krisna Ardi

DOI:

https://doi.org/10.54650/jukomika.v3i1.144

Abstract

Game pada Smartphone merupakan salah satu media hiburan yang tidak ada habis-habisnya digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan bahkan orang tua. Selain praktis dan bisa dimainkan dimana saja, Game pada Smartphone juga bisa menjadi sarana hiburan di sela-sela waktu luang saat beraktifitas sehari-hari. Dari sekian banyaknya varian dan jenis Game pada Smartphone. Game berjenis Endless Runner adalah salah satunya, Game yang mempunyai Gameplay berlari terus-menerus ini masih mempunyai peminat yang banyak dari hasil riset yang saya kumpulkan melalui Google Form yang dibagikan di forum dan media sosial. Endless Runner mendapatkan hasil vote 34.7% dari 4 jenis Game lainnya yaitu: Puzzle, Adventure, Arcade, dan RTS. Maka dari itu saya memutuskan untuk merancang dan membangun sebuah Aplikasi Game yang bernama Far From Reality, Game yang berjenis Endless Runner ini mengusung grafik 3D dan bertema Sci-fi. Dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan tahap distribusi, sehingga Game ini dapat membawamu merasakan sensasi di luar angkasa. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Game Far From Reality berjenis Endless Runner berbasis Android. Game ini cocok dimainkan dimana saja, kapan saja, dan siapa saja untuk sekedar melepas penat atau mengisi waktu luang saat beraktifitas sehari-hari.

References

Y. Syahputra, Y. Findawati, “Aplikasi Game Finding The Cat Endless Run Berbasis Android†Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2016.

A. W. Putra, “Unreal – Game Engine Bertenaga Untuk Kembangkan Game Multiplatformâ€, Tekno Jurnal, 13 Mei 2015, [Online]. Tersedia: https://teknojurnal.com/unreal-game-engine [Diakses: 17 April 2019].

R. Sholikhin dan O. D. Nurhayati, “Pembuatan Aplikasi Permainan “Egrang Run†Berbasis Androidâ€, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2016.

M. R. Rahadi dan K. I. Satoto, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Androidâ€, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2016.

Mustika, E. P. Adhy Sugara, M. Pratiwi, “Pengenmbangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycleâ€, JOIN (Jurnal Online Informatika), 2017.

Y. Rachman, P. Herwanto, “Perancanan aplikasi Game First Person Shootingâ€, Jurnal Informasi, 2015.

Sari, Y. S., & Kurnianda, N. R. PROTOTYPE OF KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM (KMS) E-PROCUREMENT WEB-BASED: CASE STUDY AT PT. SIGMA PRO 77. Computer Science, 5, 331-341.

H. Noprisson, N. Husin, N. Zulkarnaim, P. Rahayu, A. Ramadhan, and D. I. Sensuse, “Antecedent Factors of Consumer Attitudes toward SMS , E-mail and Social Media for Advertising,†in ICACSIS 2016, 2016.

Downloads

Published

2021-01-22

How to Cite

Ardi, B. K. (2021). APLIKASI GAME FAR FROM REALITY ENDLESS RUNNER BERBASIS ANDROID. JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 3(1), 288–303. https://doi.org/10.54650/jukomika.v3i1.144

Issue

Section

Articles