APLIKASI CERDAS CERMAT MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.54650/jukomika.v3i6.308Abstract
Pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa diperlukan suatu persaingan diantara siswa itu sendiri yang mana nantinya akan berpengaruh dalam kepentingan belajar. Salah satu metode yang sudah dijalankan adalah dengan mengadakan even cerdas cermat. Cerdas cermat merupakan salah satu metode belajar dengan menggunakan sistem perlombaan. Lomba cerdas cermat dilakukan dengan memberikan pertanyaan dan beberapa kelompok akan berlomba untuk menjawab pertanyan tersebut. Perkembangan teknologi saat ini bisa membantu para siswa dalam melakukan kegiatan cerdas cermat kapan saja dan dimana saja. Salah satu teknologi tersebut adalah smartphone android. Dengan membangun aplikasi yang fokus dalam memberikan paparan soal kepada user akan menjadi salah satu cara untuk melakukan simulasi cerdas cermat itu sendiri. Setiap soal akan diacak sehingga megurangi kemungkinan dalam menghapal soal dan jawaban. Metode pengacakan soal yang akan digunakan adalah LCG (Linear Congruential Generator) yaitu dengan membangkitkan bilangan acak pada perhitungan urutan soal yang akan ditampilkan. Aplikasi dapat memberikan materi pembalajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKN. Aplikasi memberikan soal dan pilihan jawaban sebagai proses cerdas cermat dan menampilkan hasilnya. Algoritma linear congruential generator dapat melakukan pengacakan soal yang akan ditampilkan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan metode belajar yang interaktif sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa.References
Budiana, W. 2013. Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Siswa Kelas VIII 3 SMP Laboraturium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha.
Fauzan et al. 2017. Aplikasi Cerdas Cermat Online Realtime Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika.
Jogiyanto. 2013. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan tertruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Andi Offset. Yogyakarta
Firdaus, Taufik. 2012. Model Pembelajaran Menyampaikan Pendapat dalam Pembelajaran Berbicara Dengan Menggunakan Teknik Cerdas Cermat pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banyuresmi.
Budiana, W. 2013. Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Siswa Kelas VIII 3 SMP Laboraturium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Burguillo, Juan C. 2010. Using game theory and Competition-based Learning to stimulate student motivation and performance. Computers & Education. DOI: 10.1016/j.compedu.2010.02.018
Munthe, D. 2014. Implementasi Linier Congruent Method (LCM) Pada Aplikasi Tryout SNMPTN. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma. Medan.
Biantara, I Made Divya., Sudana, I Made., Suni, Alfa Faridh., Suryono., Hangga, Arimaz. 2015. Modifikasi Metode Linear Congruential Generator Untuk Optimalisasi Hasil Acak. Universitas Negeri Semarang. Semarang. Indonesia
Buyens, Jim. 2001. Web Database Development. Elex Media Komputindo. Jakarta
Purnama, Rangsang. 2010. Mari Mengenal J2ME Java 2 Micro Edition. Prestasi Pustaka. Jakarta
Nadif, Ahmad. 2013. Pencarian Tempat Kos Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Smartphone Android. Teknik Informatika, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Lengkong, Hendra Nugraha, Sinsuw, Alicia A.E. Sinsuw, Lumenta, Arie S.M. 2015. Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. ISSN : 2301-8402 . Manado. UNSRAT
Mulyadi. 2010. Membuat Aplikasi Untuk Android. Multimedia Center Publishing. Yogyakarta
Sibarani Sumanda Niko, Munawar Ghifari, Wisnuadhi Bambang. 2018. Analisis Performa Aplikasi Android Pada Bahasa Pemrograman Java dan Kotlin. Politeknik Negeri Bandung. Bandung
Kadir, Abdul. 2018. Pemrograman Android dan database. Elex Media Komputindo. Jakarta