PEMBUATAN APLIKASI 3D BENTENG MARLBOROUGH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Authors

  • Dandi Sunardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agusdi Syafrizal

DOI:

https://doi.org/10.54650/jukomika.v3i4.312

Abstract

Salah satu carauntuk menarik para wisatawan pada bangunan bersejarah tersebut adalahdengan promosi untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bangunanbersejarah. Perlu diadakan suatu terobosan terbaru dalam promosibangunan bersejarah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yangsudah ada. Membantu kelestarian atau eksistensi dari suatu bangunanbersejarah itu sendiri, setidaknya dengan promosi tersebut dapatmemberikan kesadaran kepada masyarakat luas untuk melindungi,menjaga, memelihara, melestarikan  sejarah. Maka teknologi yangdirancang untuk promosi Benteng Marlborough Kota Bengkulu yaituAugmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi android yang dapat menampilkan objek Benteng Marlboroughbebasis 3D  menggunakan Augmented Reality sehingga dapat menjadisarana promosi yang baik untuk para wisatawan.Tempat penelitiandilaksanakan di Dinas Pariwisata Kota Bengkulu pada bulan Juli sampaidegan selesai. Teknik Pengumpulan data yang digunakan: Observasi,Wawancara, dan Studi Pustaka. Aplikasi ini dibangun denganmenggunakan laptop Lenovo.Pembuatan Aplikasi 3D Benteng Marlborough menggunakan Augmented Reality. Sebagai Media Promosiberhasil dibangun menggunakan Unity 3D. 3 Dimensi yang telah dibuat yaitu Benteng Marlborough secara utuh, Gedung Admintrasi, GedungKonsiouner, Gedung Galeri, dan Gedung Pameran.

Downloads

Published

2021-01-22

How to Cite

Sunardi, D., & Syafrizal, A. (2021). PEMBUATAN APLIKASI 3D BENTENG MARLBOROUGH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI. JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 3(4), 466–476. https://doi.org/10.54650/jukomika.v3i4.312

Issue

Section

Articles