Implementasi Algoritma Apriory Untuk Analisis Perbelanjaan Pada Toko Mitra Jaya Komputer
DOI:
https://doi.org/10.54650/jukomika.v5i1.445Abstract
Dalam perkembangan teknologi, persaingan bisnis penjualan komputer dan berbagai macam aksesoris komputer terus bersaing dalam pasar dengan perubahan yang ce- pat, dan kompetitif yang terfokus pada pelanggan. Toko-toko yang menjual berbagai macam jenis pruduk kebutuhan computer banyak yang tidak mampu bertahan lama, karena per- saingan yang sangat ketat. Kendala tersebut terjadi karena banyaknya kesalahan dalam pemasaran produk oleh pemilik usaha sehingga mengeluarkan banyak biaya terhadap produk yang tidak diminati konsumen. Sehingga perlu diketahui seperti apa pola belanja konsumen dalam memilih barang-barang computer yang akan mereka beli, untuk menganalisa perma- salahan tersebut penggunaan data mining sangat sesuai untuk memberikan solusi dalam ma- salah ini. Salah satu sulusi adalah dengan menerapkan algoritma apriori dalam menganalisi perbelanjaan pada toko Mitra Jaya Komputer. Sehingga dalam penelitian ini menghasilkan system yang dapat menemukan frekuensi barag mana yang paling sering terjadi. Algoritma apriori berhasil diterapkan pada analisis perbelanjaan pada toko mitra jaya komputer, dengan memperoleh hasil item yang paling sering muncul dalam transaksi item flasdisk a data 6 GB dan Optik Mouse dengan bobot persentase sebesar 88 %, serta printer canon Pixma G2010 dengan bobo persentase sebesar 84,21 %. Algoritma apriori adalah model klasifikasi untuk mendapatkan analisa yang baik dalam melakukan klasifikasi data mining.References
Suparman and R. Della Utami Putri, “PENGARUH E-TICKET DAN PROMOSI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET AIRASIA (Studi Kasus pada Rute Penerbangan Jakarta-Denpasar),†vol. 3, no. 1, pp. 67–87, 2021.
D. R. Yovi Apridiansyah, Harry Witriyono, “Pemanfaatan Email Class Pada E-Ticketing Pendaftaran Uji Kendaraan Studi Kasus Di,†Psoudecode, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode/article/view/20767/ 9717
Y . Apridiansyah, N. D. M. V eronika, and E. D. Putra, “Prediksi Kelulusan Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan Metode Naive Bayes,†JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 4, no. 2, pp. 236–247, 2021, doi: 10.36085/jsai.v4i2.1701.
A. W. Wijayanti, “Analisis Hasil Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori pada Apotek,†J. Edukasi dan
Penelit. Inform., vol. 3, no. 1, p. 60, 2017, doi: 10.26418/jp.v3i1.19534.
C.Pradeepkumar and S.Loganathan, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ),†Int. J. Sci. Eng. Res. (IJ0SER), vol. 3, no. 4, p. 2, 2015, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619
H. Maulidiya and A. Jananto, “Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dan Fp-GROWTH SEBAGAI DASAR PERTIMBANGAN PENENTUAN PAKET SEMBAKO,†Proceeding SENDIU 2020, vol. 6, pp. 36–42, 2020.
U. Baetulloh, A. I. Gufroni, and R. -, “Penerapan Metode Association Rule Mining Pada Data Transaksi Penjualan Produk Kartu Perdana Kuota Internet Menggunakan Algoritma Apriori,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 173–188, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2890.
P. H. Winasis, M. Program, P. Magister, I. Komputer, and U. B. Luhur, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Apriori Pada Mall Cpm Jakarta,†vol. 2, no. 2, 2019.
A. W. Oktavia Gama, I. K. Gede Darma Putra, and I. P. Agung Bayupati, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja,†Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 15, no. 2, pp. 21–26, 2016, doi: 10.24843/mite.1502.04.
U. Juhardi, “Web Service Aplikasi Feeder Dengan Library Nusoap,†vol. 17, no. 2, pp. 20–26, 2021.