Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Online Calon Pelanggan PDAM Berbasis Website Sebagai Inovasi Menghindari Keru-munan/Antrian
DOI:
https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i1.498Abstract
PDAM Kota Bengkulu adalah salah satu perusahaan daerah yang bergerak di bidang pelayanan  penyedia air bersih dimanadalam proses pendaftaran pelanggan baru mereka masih menggukan sistem pendaftaran secara on-site sehingga seringkali terjadi kerumunan saatmengantri untuk mendaftar sebagai pelanggan. Pendaftaran merupakan tahapan awal bagi calon pelanggan PDAM untuk bisa menikmati layanan berupa air bersih, seringkali pelanggan harus datang lebih dari satu kali untuk mendaftardikarenakan berkas yang dibawa belum lengkap atau ada berkas yang kurang. Hal ini mengakibatkan seringnya terjadi kerumunan dan panjangnya antrian sehingga membuat calon pelanggan tersebut menjadi kerepotan karena  memakan waktu yang lama dalam proses pendaftaran sebagai calon pelanggan. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan sebuah inovasi untuk menyelesaikan permasalahan pendaftaran yang ada. Inovasi yang diusulkan yaitu adanya sebuah sistem pendaftaran secara online yang dapat diakses dengan mudah oleh calon pelanggan PDAM Kota Bengkulu sehingga calon pelanggan bisa mendaftar dari rumah tanpa harus datang ke kantor PDAM. Adanya aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan Pendaftaran secara Online Calon Pelanggan PDAM Berbasis Website merupakan  Inovasi sebagai upaya menghindari kerumunan/antrianâ€References
dkk 2018 ) richard oliver ( dalam Zeithml., “済無No Title No Title No Title,†Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 2, no. April, pp. 2013–2015, 2021.
Aceng Abdul Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,†J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.
M. Mailasari, “Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Waterfall,†J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 2, pp. 207–214, 2019, doi: 10.32736/sisfokom.v8i2.657.