Penerapan Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Video Animasi Bencana Alam

Authors

  • Muhamad Raivaldi Alfarisyi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i1.499

Abstract

Bengkulu termasuk daerah yang rawan sekali terhadap bencana alam terutama gempa bumi. Akan tetapi dengan adanya bencana alam yang sering terjadi masih banyak masyarakat yang tidak sadar akan bencana alam, dan masih banyak korban bencana pada saat adanya bencana terutama kelompok rentan yaitu anak-anak . dengan memperhatikan hal tersebut, perlu adanya alternatif untuk edukasi kepada anak-anak melalui media yaitu video animasi agar selalu siapsiaga bencana. Pada proses video animasi ini diterapkan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) utuk memudahkan proses pembuatan.

References

D. Y. Pramesti and R. W. Arifin, “Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar,†J. Students‘ Res. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 109–122, 2020, doi: 10.31599/jsrcs.v1i2.400.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak,†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, p. 119, 2019, doi: 10.26418/jp.v5i2.25997.

Y. Dilago et al., “Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Tobelo Berbasis Android pada Anak,†J. Tek. Elektro dan Komput., pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika

M. K. Barokum, A. R. Amna, and A. P. Armin, “Game Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android,†Konvergensi, vol. 14, no. 1, pp. 6–12, 2019, doi: 10.30996/konv.v14i1.2767.

W. Pratama, “Game Adventure Misteri Kotak Pandora,†J. Telemat., vol. 7, no. 2, pp. 13–31, 2016.

E. S. Han and A. goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, “Edukasi Kesehatan,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

H. B. Angga and W. Setiawan, “Kidz Center Sebagai Wisata Edukasi Anak Di Magetan Dengan Pendekatan Ramah Lingkungan,†pp. 13–34, 2018.

S. Surabaya, “Tinjauan Pustaka Multimedia,†J. Tinj. Pustaka Multimed., vol. 34, no. 2, pp. 1–27, 2018.

Surayya, “Tinjauan Media Pembelajaran,†Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 8–27, 2021.

K. N. Fauziah, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Fotografi Untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas Xi Multimedia Di Smk N 1 Godean,†eprints UNY, p. 5, 2019.

N. Goldschlag, J. D. Kim, and M. Kristin, “Perilaku Konsumen Di Era Digital,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

Y. Zamrodah, “済無No Title No Title No Title,†vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2016.

Patel, “済無No Title No Title No Title,†pp. 9–25, 2019.

Y. Zamrodah, “済無No Title No Title No Title,†vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2016.

“Ancaman ( A ) x Kerentanan ( K ) Risiko ( RB ) = Kapasitas ( Kp ) Bencana,†pp. 8–58, 2016.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Alfarisyi, M. R. (2023). Penerapan Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Video Animasi Bencana Alam. JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.54650/jukomika.v6i1.499

Issue

Section

Articles