ANALISA PERANCANGAN APLIKASI MUSIK DENGAN REMINDER EVENT BERBASIS ANDROID

Authors

  • Ade Reza Pahlevi Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.54650/jusibi.v1i5.142

Abstract

Abstrak— Musik kini menjadi hiburan bagi para pecinta dan penikmat msik itu sendiri. Musik dan acara salah satu hal yang tidak bisa di pisahkan, karena kegiatan acara itu sendiri sebagai media promosi dan ajang untuk para Musisi / Artis untuk menunjukkan kualitas mereka di panggung. Terkadang kita suka lupa atau malah tidak tau kapan saja / artis kesayangan kita manggung. Dengan kehadiran aplikasi musik ini dapat bermanfaat bagi para pendengar, musisi, label juga event organizer itu sendiri sebagai media informasi pengingat untuk mengetahui kapan saja acaraatau jadwal manggung Musisi / Artis yang kita sukai, sekaligus wadah untuk para pemain dialog, lagu-lagu mereka dan mengurangi maraknya pembajakan lagu yang ada Aplikasi musik dengan acara pengingat berbasis Mobile APP (Android). Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini yaitu System Development Life Cycle (SDLC) dan menggunakan model Waterfall (Siklus Air Terjun, perangkat lunak yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah Android Studio, XML dan Java sebagai bahasa pemograman, MySQL sebagai database server. Abstrak- Music is now an entertainment for music lovers and connoisseurs themselves. Music and events are one of the things that cannot be separated, because the event itself is a promotional media and an event for musicians / artists to show their quality on the stage. Sometimes we like to forget or even not know when our favorite musicians / artists are performing. With this music application it can be useful for listeners, musicians, labels and event organizers themselves as a reminder information media to find out when the Musicians / Artist's event or schedule we like, as well as a place for musicians to promote their songs and reduce the rampant song piracy. Music application with this event reminder based on Mobile APP (Android). The method used to develop this application is the System Development Life Cycle (SDLC) and using the Waterfall model (Waterfall Cycle, the software used in building this application is Android Studio, XML and Java as the programming language, MySQL as the database server.Kata kunci— Aplikasi musik, Acara Pengingat, Android Studio, SDLC

References

http://niskenadi-trisna-bayu-vokasi16.web.unair.ac.id/artikel_detail-166224-Pengantar%20Teknologi%20Informasi-Perkembangan%20teknologi%20di%20bidang%20musik.html. Diakses pada tanggal 25 Mei 2019.

Imam Haditama ,Cepy Slamet ,And Deny Fauzy Rahman, “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak.

I Gusti Made Satriya Wibawa, I Made Sukarsa, A.A.K Agung Cahyawan,“ Aplikasi Sistem Reminder Masa Kadaluarsa Berbasis GIS dengan Platform An-droid†in MERPATI VOL. 3, NO. 1, APRIL 2015.

Ibnu Nur Hasan ,Kunto Hamijoyo, “Sistem Informasi Media Promo Musik Band Indie Berbasis Android,†in JURNAL ILMIAH GO INFOTECH Volume22 No.2,Desember2016.

Agus Purnomo,Rudi Hartono,Hartatik,Berliana Kusuma Riasti and Insani Nur Hidayah, “Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Un-tuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia,†in Jurnal SIMETRIS,Vol 7 No 2 November 2016.

Mochammad Faris Ponighzwa Rizkanda,Riyanarto Sarno and Dwi Sunaryo, “Rancang Bangun Aplikasi MusicMoo dengan Metode MIR (Music Information Retrieval) pada Modul Fingerprint dan Song Recommendation,†in JURNAL TEKNIK ITS Vol. 6, No. 2, (2017).

Kamaruddin Tone “Rancang Bangun Aplikasi Class Reminder Berbasis Android†in Jurnal Instek Volume 3 No.1 ,April 2018.

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Pahlevi, A. R. (2019). ANALISA PERANCANGAN APLIKASI MUSIK DENGAN REMINDER EVENT BERBASIS ANDROID. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis), 1(5). https://doi.org/10.54650/jusibi.v1i5.142