IMPLEMENTASI POINT OF SALES BERBASIS WEB PADA USAHA OLIVE CAFE

Authors

  • Jeremia Alexander Mercu Buana University

DOI:

https://doi.org/10.54650/jusibi.v2i4.230

Abstract

Olive Cafe adalah cafe kecil yang berada ditengah kota Jakarta, yang menawarkan berbagai macam menu seperti yang ada di warung kopi (warkop) namun dengan sentuhan yang berbeda dan suasana yang lebih nyaman. Pada saat ini Olive Cafe masih menggunakan sistem manual pada proses pencatatan sehingga pesanan, pembayaran pesanan, report, data transaksi dan pencatan pemesanan tempat bisa hilang. Olive Cafe juga belum memiliki strategi penjualan yang baik untuk memikat dan  menjaga pelanggan tetap setia dengan cafe tersebut.Pada proposal ini akan dibuat sebuah aplikasi point of sales (POS) berbasis WEB yang dibuat dengan menggunakan Visual Studio Code 1.33.1, dan mysql sebagai database nya. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan pemilik cafe, maka akan dibuat aplikasi yang dapat digunakan kasir untuk melakukan pencatatan pesanan, pencatatan pemesanan tempat,  penghitungan pembayaran, promo poin, serta pembuatan report.  Kata kunci: WEB, point of sales (POS), Visual Studio Code

References

A. O. Abdul Rohmat Amat, “Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web ( Studi Kasus Pada Po . Harapan Jaya ),†vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2016.

N. Husufa et al., “Implementasi Sistem Loyalty Program Dalam Meningkatkan Penggunaan Layanan Aplikasi GO-JEK,†vol. VI, no. 1, pp. 30–39, 2017.

Muthohari, “Pengembangan aplikasi kasir pada sistem informasi rumah makan padang ariung,†J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 13, pp. 157–163, 2016.

S. D. H. Permana and . F., “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, p. 20, 2015.

H. T. Herman et al., “Pembuatan Aplikasi Point of Sales untuk Rumah Makan Dapur Rinjani,†Infra, vol. 4, p. 6, 2016.

G. Syarifudin and S. Kosasi, “Perancang Aplikasi Point Of Sale Dalam Pemesanan Menu Restoran,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2015, vol. 7, pp. 409–414, 2015.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Alexander, J. (2021). IMPLEMENTASI POINT OF SALES BERBASIS WEB PADA USAHA OLIVE CAFE. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis), 2(4), 452–465. https://doi.org/10.54650/jusibi.v2i4.230

Issue

Section

Articles