Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Pada PERUMDA Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas

Authors

DOI:

https://doi.org/10.54650/jusibi.v3i2.377

Abstract

Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas bergerak dalam bidang pelayanan air bersih dituntut untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat di Kabupaten Sambas. Pelanggan yang ingin mengadukan keluhannya harus datang ke kantor pusat, kemudian pengaduan tersebut masih dicatat pada buku besar oleh bagian trandist dan pelayanan. Dibangun aplikasi pengaduan pelanggan berbasis web agar dapat mempermudah pelanggan dalam menyampaikan pengaduan. Melihat kondisi tersebut, maka pengembangan sistem menggunakan prototyping. Hasil penelitian ini berhasil mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pelanggan dalam menyampaikan pengaduan tanpa harus datang ke kantor.

Author Biography

Sri Hanifah, Politeknik Negeri Sambas

Sebagai syarat Tugas Akhir

References

Peraturan Daerah Kabupaten Sambas Nomor 14 Tahun 2015. Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas. 10 Desember 2015. Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2015. Sambas

Argono, I, Yusuf, W & Yulianto, E 2015, “Evaluasi dan Perencanaan Pengembangan Jaringan Distribusi PDAM Pusat Kabupaten Sambasâ€,Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah. vol 3, no 1. hh. 1

Nofyat, Ibrahim, A & Ambarita, A. 2018, “Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada PDAM Kota Ternateâ€,Indonesian Journal on Information System. vol 3, no 1. hh. 13

Dwijosusilo, K & Isdianto, E. 2018. “Pelayanan Pengaduan Masyarakat Tentang Penerangan Jalan Umum di Unit Pelaksana Teknis Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabayaâ€,Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. vol 2, no. 2

Saputa, M.B, 2013. “Sistem Informasi Keluhan Pelanggan Berbasis Web Pada PDAM Tirta Musi Palembangâ€, no 1

Peraturan Daerah Kabupaten Sambas Nomor 7 Tahun 2010. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas. 20 Oktober 2010. Lembaran Daerah Kabupaten Sambas Nomor 4 Tahun 2011. Sambas

Kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat. 2016."Panduan Pendamping Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perpipaan Berbasis Masyarakat",http://ciptakarya.pu.go.id/setditjen/kkntematik/id/buku-4-panduan-pendampingan-sistem-penyediaan-air-minum-spam-perpipaan-berbasis-mas, diakses pada Mei 2021 pukul 09.59

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Hanifah, S. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Pada PERUMDA Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas. Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis, 3(2), 104–115. https://doi.org/10.54650/jusibi.v3i2.377

Issue

Section

Articles