Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa UINSU Medan Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E- Wallet
DOI:
https://doi.org/10.54650/jusibi.v4i1.421Abstract
Dengan semakin berkembang dan canggihnya teknologi yang ada didukung pada saat pandemic covid 19 yang membuat masyarakat terbiasa memanfaatkan teknologi untuk membantu dalam kegiatan sehari-hari, salah satunya dalam hal pembayaran yang biasa disebut dengan dompet digital atau e-wallet. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan e-wallet khususnya pada mahasiswa UINSU. Penelitian yang digunakan adalah dengan mengolah data yang bersifat deskriptif yaitu seperti menarasikan hasil wawancara atau observasi yang didukung dengan data sekunder analisis kualitatif, dengan menganalisis pada 10 orang responden. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kemudahan, keamanan, promo, fitur, mencoba teknologi baru dan juga promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan dompet digital di kalangan mahasiswa.References
F. I. P. Unimed et al., Teknologi , Informasi , dan Komunikasi , Permasalahan Kota , sekelumit tentang Smart City dari kota lain dan pemaparan smart city, vol. 4, no. 1. 2018.
M. K. Situmorang, “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid – 19 di Kota Medan,†Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 123–130, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO.
I. Kumala and I. Mutia, “Pemanfaatan Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa,†Semin. Nas. Ris. dan Teknol., pp. 64–69, 2020.
S. Mulyati and T. Subari, di Indonesia, no. 8. .
F. Effendy, “Pengaruh Perceived of Benefit Terhadap Niat Untuk Menggunakan Layanan Dompet Digital Di Kalangan Milenial,†J. Interkom, vol. 15, no. 2, pp. 1–11, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i2.81.
H. H. Nawawi, “Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa,†Emik, vol. 3, no. 2, pp. 189–205, 2020, doi: 10.46918/emik.v3i2.697.
R. Sulistyowati, L. Paais, and R. Rina, “Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital,†ISOQUANT J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 4, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.24269/iso.v4i1.323.
R. I. Permana, “Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 312–322, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.584.
S. Aulia, “Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital,†J. Komun., vol. 12, no. 2, p. 311, 2020, doi: 10.24912/jk.v12i2.9829.
A. Safarudin, L. Kusdibyo, and W. Senalasari, “Faktor-Faktor Pembentuk Loyalitas Generasi Z dalam Menggunakan Financial Technology E-wallet,†Pros. 11th Ind. Res. Work. Natl. Semin., pp. 26–27, 2020.