Peluang Dan Tantangan Bisnis Pada Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Generasi Milenial Di Indonesia

Authors

  • Dindy Rizka Octavia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rika Nurmitha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Riska Veronika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.54650/jusibi.v4i1.422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana generasi milenial dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan metode pengumpulan data menggunakan desk study. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pengguna internet indonesia 196,71 juta dan penetrasi 91,7% adalah pengguna kaum milenial. Hal ini berarti mereka dapat membuka peluang besar  untuk menciptakan bisnis ataupun usaha kereatif yang berbasis online. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peluang yang bisa dimanfaatkan anak-anak milenial di era revolusi industri 4.0 ini dengan menciptakan peluang usaha bisnis online dengan memanfaatkan teknologi sesuai dengan ketetapan hukum dan perundang-undang yang berlaku di Indonesia. Disamping itu mereka juga harus bisa menghadapi tantangan yang ada dengan bijak. Tantangan tersebut berupa masalah keamanan teknologi informasi dan juga masalah persaingan bisnis dengan skala global.

References

K. Di, E. R. A. Revolusi, I. Di, and D. Pulau, “Peran Pemuda Dalam Penciptaan Usaha Ekonomi,†vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2021.

A. B. Nugraha, I. W. Dharmayana, and R. Shintia, “ISSN 2599-1221 (Cetak) ISSN 2620-5343 (Online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia,†J. Ilm. Bimbing. dan Konseling, vol. 1, no. 1, pp. 66–74, 2017.

H. Hamdan, “Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi,†J. Nusant. Apl. Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 2, p. 1, 2018, doi: 10.29407/nusamba.v3i2.12142.

C. Sundari, “Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia,†Pros. Semin. Nas. DAN CALL Pap., no. Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif, pp. 555–563, 2019.

M. P. Violita Wahyu Aprinda Sari, Via Aningtyas Putri2, “Perspektif Generasi Milenial Menjadi Young Entrepreneur Di Masa Pandemi Covid-19,†Pros. Natl. Semin. Accounting, Financ. Econ., vol. 1, no. 3, pp. 248–267, 2021, [Online]. Available: http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/viewFile/1460/739.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020,†Asos. Penyelenggara Jasa Internet Indones., vol. 2020, pp. 1–146, 2020, [Online]. Available: https://apjii.or.id/survei.

L. Anatan, “Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Umkm ),†vol. 2020, pp. 25–31, 2020.

L. Rohida, “Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia,†J. Manaj. dan Bisnis Indones., vol. 6, no. 1, pp. 114–136, 2018, doi: 10.31843/jmbi.v6i1.187.

Kemendag, “Regulasi 2014.†pp. 1--80, 2014, [Online]. Available: http://www.kemendag.go.id/files/regulasi/2014/03/11/7-tahun-2014-id-1398758805.pdf.

M. A. A. Y and A. K. Ashila, “Analisis Pro dan Kontra dari Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik,†no. 80, 2019.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Rizka Octavia, D., Nurmitha, R., Veronika, R., & Nurbaiti, N. (2022). Peluang Dan Tantangan Bisnis Pada Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis), 4(1), 31–40. https://doi.org/10.54650/jusibi.v4i1.422

Issue

Section

Articles