Penerapan E-Business Terhadap Proses Pengembangan Home Industry Sektor Kuliner di Kota Medan

Authors

  • Imamsyah Imamsyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd Rafli Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.54650/jusibi.v4i2.449

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui berbagai proses pengembangan dalam Home Industry sektor kuliner di Kota Medan, serta untuk mengetahui dampak yang diperoleh oleh para pelaku Home Industry di Kota Medan yang disebabkan oleh penerapan e-business dalam usaha mereka. Dalam penelitian ini, kami menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan Wawancara, Observasi serta Dokumentasi dengan para narasumber. Kami memperoleh hasil dari penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Home Industry mampu menciptakan menciptakan lowongan pekerjaan untuk masyarakat, (2) Agar dapat mempertahankan keberlangsungan usahanya haruslah mampu bersaing dengan terus berinovasi untuk menciptakan produk yang baru dan bernilai tinggi, penambahan modal juga mempengaruhi kemajuan usaha Home Industry untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang.

References

S. Zuhri, “Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan,†J. Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 3, pp. 46–65, 2013.

S. M. Makmur, “Pengembangan industri rumah tangga sektor kulinermelalui penerapan,†Univ. Negeri Makasar, no. 1, 2019.

N. Florida, C. López, and V. Pocomucha, “CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk,†vol. 2, no. 2, pp. 35–43, 2012.

N. Sari, “Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner untuk Memotivasi Anak Milenial,†J. Sains Sosio Hum., vol. 2, no. 1, pp. 51–60, 2018.

A. N. Fitriana, “Pengembangan Industri Kreatif Di Kota Batu (Studi Tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan Di Kota Batu),†J. Adm. Publik Mhs. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 2, pp. 281–286, 2014.

D. D. Agusrinal, “Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan,†J. Sains, Teknoligi dan Ind., vol. Vol. 11, N, no. 2, p. 2, 2014.

C. W. Widhianto, “E – BUSINESS : TEKNOLOGI DAN PELUANG BISNIS DI INDONESIA Latar Belakang dan Tujuan,†The WINNERS, vol. 3, no. 1, pp. 19–31, 2002.

T. Tahir, M. I. S. Ahmad, N. Nurjannah, S. Rijal, and M. Hasan, “Perilaku berwirausaha umkm sektor kuliner dalam perspektif literasi digital,†Proceeding Teknol. Pendidik. Semin. Daring Nas. 2021 Digit. Gener. Digit. Nation, pp. 144–154, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/tekpend/issue/view/1409.

E. Miranda, “Pengembangan Business Intelligence Bagi Perkembangan Bisnis Perusahaan,†CommIT (Communication Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 111, 2008, doi: 10.21512/commit.v2i2.501.

H. Sari, “Strategi Pengembangan Model Bisnis Online Shop Zavair Scraves dengan menggunakan pendekatan BCG Matrix,†J. Ilmu Manaj. Dan Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 213–222, 2019, doi: 10.17509/jimb.v10i2.16119.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Imamsyah, I., Rafli, M., & Nurbaiti, N. (2022). Penerapan E-Business Terhadap Proses Pengembangan Home Industry Sektor Kuliner di Kota Medan. Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis, 4(2), 71–79. https://doi.org/10.54650/jusibi.v4i2.449

Issue

Section

Articles