Assessment of Lecturer Performance in Teaching and Learning at Universitas Muhammadiyah Bengkulu Using the Weighted Product (WP) Method

Authors

  • Aswinda Budiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sastia H Wibowo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Diana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54650/jusibi.v6i1.516

Abstract

Mengingat pentingnya peranan dosen, maka keberadaannya dalam lembaga pendidikan harus mampu memotivasi dirinya dan mengembangkan dirinya guna meningkatkan kerja secara maksimal. Salah satu masukan yang bisa diperoleh dosen untuk memotivasi dan mengembangkan diri adalah dengan melakukan penilaian proses belajar mengajar terhadap dirinya. Mahasiswa melakukan penilaian terhadap dosen, dengan lembaga perguruan tinggi sebagai fasilitatornya. Dalam mendukung proses penelitian ini, penulis memilih salah satu metode yaitu Weigthed Product. Metode Weighted Product memerlukan proses nor-malisasi karena metode ini mengalikan hasil penilaian setiap atribut. Kriteria yang digunakan dalam proses penilaian terdapat 8 (delapan) kriteria yang masing-masing berbeda tingkat prioritas serta atributnya, dan diperkuat dengan hasil pengujian prototipe yaitu menggunakan blackbox testing, di-mana seluruh respon yang diberikan prototipe ini dapat merespon dengan baik sehingga mendapatkan kesimpulan 100% berhasil dalam penilaian.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Budiarti, A., H Wibowo, S., & Diana. (2024). Assessment of Lecturer Performance in Teaching and Learning at Universitas Muhammadiyah Bengkulu Using the Weighted Product (WP) Method. Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.54650/jusibi.v6i1.516

Issue

Section

Articles