APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT GENERATOR BERBASIS ANDROID

Authors

  • dwita deslianti
  • Achmad Fahry Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54650/jusibi.v5i1.496

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah selama ini masih bersifat konven-sional, dalam mengajar guru hanya mengandalkan metode ceramah secara klasikal, guru kurang menggunakan media pendukung selain buku. Metode pembelajaran seperti ini kurang memenuhi prinsip-prinsip pembelaja-ran yang efektif dan kurang memberdayakan potensi siswa. Maka akan dikembangkan prototipe aplikasi pembalajarn Bahasa inggris menggunakan metode Linear Congruential Generator, dimana pada penelitian sebelumnya dijelaskan tingkat keakuratan dan proposisi dalam test serta pengacakan dalam menampilkan huruf dan angka pada pembelajaran sangat baik. Berdasarkan tujuan dari dibuatnya prototipe pengembangan aplikasi ini maka dapat disimpulkan metode Linear Congruential Generator dapat berjalan dengan baik dan sangat membantu dalam pencapaian pengacakan soal. Serta dapat membantu dalam pengembangan belajar mengajar berbasis online, kare-na pada sistem examp yang digunakan pada metode LCG sangat akurat dalam pengacakan soal-soal yang diberikan berdasarkan pengajaran.

References

R. Afthal and D. Deslianti, “Aplikasi Sejarah Masuknya Islam Di Bengkulu Berbasis Android Menggunakan Algoritma Linear Congruent Method,†J. Media Infotama, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/1679

R. Royani and U. Darusalam, “Media Pembelajaran Smart Quiz Berbasis Android menggunakan Metode Congruential Generator,†JIPI (Jurnal …, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/article/view/2767

A. M. Siahaan and J. Hendrik, “Perancangan Aplikasi Edukasi Pembelajaran Alfabet dan Angka Berbasis Android dengan Metode Linear Congruential Generator (LCG),†Bull. Comput. Sci. Res., 2022, [Online]. Available: http://hostjournals.com/bulletincsr/article/view/223

T. Marha, Y. S. Siregar, and S. Sundari, “IMPLEMENTASI GAME EDUKASI LINGKUNGAN DENGAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS ANDROID,†E-Link J. Tek. Elektro dan …, 2022, [Online]. Available: http://journal.umg.ac.id/index.php/e-link/article/view/4572

R. E. Fitri, “APLIKASI CERDAS CERMAT MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR BERBASIS ANDROID,†JUKOMIKA (Jurnal Ilmu Komput. dan Inform., 2021, [Online]. Available: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jukomika/article/view/308

Y. Kayandra and F. Agustin, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Pengenalan Danau Di Indonesia Berbasis Android,†J. Mhs. Fak. …, 2020, [Online]. Available: https://www.e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/974

G. E. Pribadi, U. Syaripudin, and W. Uriawan, “Aplikasi pembelajaran Bahasa Sunda dengan implementasi algoritma linear congruential generator dan fuzzy berbasis android,†J. Online Inform., 2016, [Online]. Available: http://join.if.uinsgd.ac.id/index.php/join/article/view/9

H. E. Putra and K. Harianto, “Implementasi Linear Congruential Generator untuk Pengacakan Gambar Pada Permainan Puzzle,†Sains dan Teknol. Inf., 2018, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/316969/implementasi-linear-congruential-generator-untuk-pengacakan-gambar-pada-permaina

N. Agani, M. Hardjianto, and ..., “… Dengan Pembangkit Password Hash SHA-256 dan Pseudo Random Number Generator (PRNG) Linear Congruential Generator (LCG) di Perangkat Berbasis Android,†Bit (Fakultas Teknol. …, 2016, [Online]. Available: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/bit/article/view/442

D. A. Marsudi and R. Rosnelly, “Implementasi Linear Congruent Method Dalam Permainan Kuis Musik Berbasis Android,†J. Mhs. Fak. …, 2020, [Online]. Available: https://www.e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/FTIK/article/view/930

B. O. Samekto, “Rancang Bangun Game Edumatika Berbasis Android,†J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, 2020, [Online]. Available: http://www.jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/402

R. A. Krisdiawan, “Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle,†Nuansa Inform., 2018, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1634

R. Wahyudi and H. H. S. Pasaribu, “Perancangan Aplikasi Quiz Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android,†RJOCS (Riau J. Comput. …, 2015, [Online]. Available: https://e-journal.upp.ac.id/index.php/RJOCS/article/view/484

K. Ramadhan, L. W. Astuti, and D. A. Verano, “Game edukasi tebak gambar bendera negara menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) berbasis Android,†J. Inform. Glob., 2015, [Online]. Available: http://www.ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/view/3

D. Irsa, R. W. Saputra, and S. Primaini, “Perancangan aplikasi game edukasi pembelajaran anak usia dini menggunakan linear congruent method (LCM) berbasis android,†J. Inform. Glob., 2015, [Online]. Available: http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/view/4

A. K. Hidayah, C. Prihantoro, and S. Fernandez, “Implementasi metode linear Congruent method pada game edukasi pembelajaran huruf hijaiyah berbasis android,†Pseudocode, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/pseudocode/article/view/14420

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

deslianti, dwita, & Fahry, A. (2023). APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT GENERATOR BERBASIS ANDROID. JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis), 5(1), 9–15. https://doi.org/10.54650/jusibi.v5i1.496

Issue

Section

Articles